Inilah Survival Kit yang Harus Dibawa Saat Berpetualang

Perlengkapan Dasar Survival Kit

Survival kit merupakan sekumpulan benda yang dapat mempermudahkan survivor agar dapat bertahan hidup pada alam liar. Meskipun untuk peralatan ini akan lebih berkemungkinan besar tidak akan terpakai jika memang perjalanan yang Anda tempuh aman. Akan tetapi apabila Anda peralatan ini pun juga akan dapat menolong Anda pada saat berada di kondisi yang buruk serta dapat mengancam pada keselamatan nyawa Anda. Sedangkan untuk resiko dan juga ancaman memang akan selalu ada pada saat berpetualang di alam bebas. Terlebih lagi bagi Anda yang mempunyai hobi untuk mendaki gunung maupun melakukan kegiatan outdoor yang lainnya maka akan diwajibkan untuk memiliki pengetahuan mengenai tata cara untuk bertahan hidup di alam yang liar.

Sedangkan untuk prioritas yang paling utama dalam hal melakukan pemilihan survival ini diantaranya yaitu mudah untuk dibawa, mudah untuk digunakan pada saat kondisi apa pun sekaligus dapat digunakan dengan multifungsi. Untuk peralatan yang satu ini maka Anda dapat untuk menempatkan ditempat yang ada di dekat tubuh Anda, dengan begitu maka pada saat Anda membutuhkan perlengkapan ini, maka Anda dapat untuk menggunakannya.

Bagi Anda yang ingin melakukan petualangan di alam bebas, maka ada beberapa survival kit, yang wajib untuk Anda bawa, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Peralatan P3K.

Peralatan P3K ini dapat menyelamatkan nyawa Anda pada saat Anda berpetualang. P3K yang dapat untuk Anda bawa yaitu seperti obat merah, pusing, diare, obat mual, plester/perban, alkohol untuk pembersih kuman dari luka, balsam, multivitamin, obat alergi, tabung oksigen yang kecil dan obat untuk penyakit pribadi.

  1. Peralatan Shelter.

Shelter atau tempat tinggal harus Anda bawa saat Anda berpetualang di alam liar, seperti membawa tenda yang disertai dengan flysheet yang berguna untuk melindungi air maupun angin yang dapat masuk dalam tenda. Jangan lupa untuk membawa jas hujan/ponco yang dapat digunakan saat kondisi darurat.

  1. Peralatan sinyal darurat.

Peralatan sinyal darurat yang wajib untuk Anda bawa yaitu peta, kompas, cermin, dan juga peluit.

  1. Penunjuk arah

Kompas dan peta digunakan sebagai alat navigasi untuk para petualang. Sedangkan untuk cermin berfungsi sebagai sinyal agar dapat mengetahui keberadaan Anda dengan cara memantulkan cermin dengan sinar matahari. Sehingga dengan adanya pantulan sinar matahari itu pun yang akan digunakan untuk membuat api memasak. Sedangkan peluit harus dibawa dari pada menjerit.

  1. Peralatan mendapatkan minuman dan makanan.

Jangan lupa untuk membawa benang nilon dan kail pancing yang dapat berguna untuk memancing ikan apabila perlengkapan makan dan minum Anda habis. Jangan lupa juga untuk membawa pisau.

Dari sekian banyaknya perlengkapan yang harus diperhatikan dengan baik itulah yang menjadikan diri Anda tidak boleh mengabaikan hal ini, sehingga apabila Anda ingin berpetualang di alam bebas maka Anda masih tetap bisa mempertahankan hidupnya, dengan begitu maka Anda jangan sampai melupakan pada beberapa hal penting seperti yang ada di atas yang memang harus Anda bawa saat Anda berpetualang di alam bebas.

Jangan sampai Anda mengabaikan pada beberapa hal penting yang wajib untuk Anda bawa sebelum Anda berpetualang, karena membawa survival kit seperti beberapa perlengkapan yang ada di atas wajib untuk Anda perhatikan dengan sebaik mungkin, dengan begitu maka pastikan bahwa Anda tidak salah dalam melakukan pemilihannya dan perhatikan segala halnya dengan sebaik mungkin.