3 Fungsi Utama Si Kecil Memiliki Kartu Identitas Anak

3 Fungsi Utama Si Kecil Memiliki Kartu Identitas AnakKartu Identitas Anak atau KIA merupakan kartu yang satu paket dengan KTP. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyebutkan, bahwa KIA memiliki keunggulan penting untuk anak. Salah satunya bisa menjadi KTP saat si kecil sudah berumur 17 tahun. Berikut fungsi utama dari KIA yang dipaparkan oleh Mendagri secara lengkap.

1. Bisa Ditransformasikan Menjadi KTP

Kita tentu tahu, bahwa tanpa KTP, identitas pribadi tidak akan memiliki jaminan saat pergi ke mana-mana. Khususnya ketika pergi ke luar kota, pulau, ataupun luar negeri. Apabila anak hanya memiliki akta, keberadaannya juga sama. Oleh karena itu, perlu sekali si kecil memiliki KIA agar identitasnya selalu terlindungi di mana pun ia berada.

Di samping berfungsi sebagai kartu pelajar, KIA nantinya bisa ditransformasikan menjadi KTP begitu sudah berusia 17 tahun. Secara otomatis, nomor yang terdapat di KIA akan dicantumkan di KTP. Dengan kata lain, keberadaan nomor tersebut tidak mungkin diganti. Maka, saat nanti si anak mau bikin KTP, proses pembuatannya jadi lebih cepat.

2. Bisa untuk Buka Rekening di Bank

Tentu sangat menyenangkan jika melihat anak punya tabungan sendiri. Tidak perlu lagi menyimpan uang di celengan ayam-ayaman yang gampang penuh. Begitu pula tidak perlu bikin lubang di bambu atau botol hanya untuk mengajari si kecil menabung. Sudah waktunya bagi kita untuk mengenalkan tata-cara menabung versi real kepada anak.

Khusus untuk anak, Kartu Identitas Anak bisa dipakai sebagai pengganti KTP selama ia berusia di bawah 17 tahun. Jadi, si anak tidak perlu menggunakan KTP orang tua. Pihak bank pun mencatat nasabah atas nama anak itu sendiri. Jadi, saat ia sudah masuk SMP atau SMA, kan bisa datang ke bank langsung. Kalau ada apa-apa, bisa ia tangani sendiri.

3. Bisa Digunakan untuk Bikin Paspor

Apa Anda sering mengajak anak pergi ke luar negeri? KIA juga bisa menjadi solusi terbaik untuk keadaan tersebut. Keberadaan paspor bagi anak sangat penting karena memiliki fungsi yang setara dengan KTP saat ke luar negeri. Apabila anak hilang atau terpisah dari Anda, pihak berwajib di negara tersebut langsung mencarinya tanpa harus mengurus ini-itu.

Jadi, selama liburan ke tempat-tempat wisata di luar negeri, hati dan pikiran lebih tenang. Keamanan Anda maupun anak menjadi hal wajib yang perlu dipertimbangkan sejak dini. Sudah waktunya mengajarkan kemandirian pada anak sejak usia dini. Biar ketika dewasa, nantinya ia akan lebih terbiasa. Tidak melulu harus tergantung pada orang tua.

Kartu Identitas Anak merupakan terobosan bagus yang diupayakan oleh pemerintah Republik Indonesia. Terlebih di tengah beragam isu penculikan dan isu negatif lainnya. Dengan adanya KIA, pemrosesan data di database pemerintah berjalan lebih cepat. Khususnya yang berkaitan dengan hak-hak si kecil.